Performa kerja Anda bisa menjadi indikator keberhasilan dalam karier. Jika merasa puas dengan etos kerja saat ini (yang dinilai tak produktif di mata atasan), atau bertahan dengan kebiasaan buruk dalam menyelesaikan pekerjaan dan tak segera meng-upgrade-nya, jangan berharap atasan akan memperhitungkan Anda untuk promosi. Kenapa?

Karakter perusahaan yang harus dicermati adalah, perusahaan lebih memilih memiliki tim kecil asalkan produktif. Perusahaan tak segan memberhentikan karyawan jika dianggap tidak memberikan kontribusi terhadap kemajuan bisnis. Karyawan tanpa karakter membangun baik untuk dirinya dan perusahaan, menjadi ancaman bagi perusahaan.

Ini adalah karakter perusahaan besar yang tak sekadar menuntut kinerja tinggi karyawan, namun juga mengedepankan tim yang hebat. Artinya, perusahaan menuntut kontribusi luar biasa, sekaligus juga memberikan reward sepantasnya terhadap karyawan yang membesarkan bisnis milik si empunya usaha.

Yusa Aziz, Coach dan CEO iCOACH, menyebutkan perusahaan besar dengan tim yang hebat harus memiliki:
* Tim yang bertumbuh.
* Kepemimpinan yang kuat.
* Visi yang sejalan.
* Kode etik dan atau nilai yang sejalan.
* Rencana kerja yang jelas.
* Pemberdayaan dan delegasi.
* Penilaian, penghargaan, promosi, demosi, mutasi, bahkan penghentian.

Jika kinerja Anda bisa mendukung karakter di atas, artinya Anda punya kontribusi dan performa yang luar biasa dikarenakan Anda mencintai pekerjaan Anda, maka bersiaplah untuk mendapatkan promosi atau setidaknya reward yang memotivasi diri.

Jika Anda sebagai tim tidak bertumbuh, penilaian atasan terhadap Anda stagnan, visi mulai tak sejalan, bahkan Anda tak mampu bekerja dengan kode etik yang ada, dan rencana kerja yang tak seirama, maka waktunya Anda memutuskan pilihan: terus bekerja atau berhenti. Bila tidak, bisa jadi Anda tak menikmati profesi.

"Mengenali diri apakah Anda mencintai pekerjaan atau tidak, menjadi penting. Karena ketika melakukan apa yang suka dilakukan atau bekerja dengan kekuatan yang dimiliki dan bukan kelemahannya, maka akan keluar energi yang luar biasa. Jika tidak, segera putuskan, keluarlah dan manfaatkan waktu untuk melakukan hal lain yang lebih disukai," papar Yusa.

Jangan berharap promosi, jika Anda tak menyukai pekerjaan, karena toh performa hebat lahir dari kecintaan terhadap profesi bukan?

Related Posts by Categories



0 komentar